A.
INDUSTRY OLAHRAGA
industri olahraga adalah “setiap
produk, barang, servis, tempat, orang-orang dengan pemikiran yang ditawarkan
pada public berkaitan dengan olahraga. Dikutip dari pernyataan Nuryadi (2010: 10); Sport Industry adalah sebuah
industri yang menciptakan nilai tambah dengan memproduksi dan menyediakan
olahraga yang berkaitan dengan peralatan dan layanan. Sport marketing adalah
penerapan spesifik prinsip dan proses pemasaran kepada produk olahraga dan
untuk memasarkan produk nirlaba olahraga melalui asosiasi dengan olahraga.
Jika kita mengamati profil usaha
industri olahraga di Indonesia, mereka dalam operasionalnya menghadapi masalah
pokok:
1.
Masalah
permodalan. Untuk masalah modal para
pengusaha dalam menjalankan usahanya belum mengenal dan memanfaatkan lembaga
perbankan. Selain itu para pengusaha industri olahraga (kecil) sulit untuk
memperoleh kredit dari bank swasta.
2.
Lemah dalam
memperoleh peluang pasar dan memperbesar pangsa pasar. Umumnya usaha industri
olahraga memperoleh pasar dengan
cara-cara pasif. Mereka mengandalkan kekuatan promosipersonel selling yaitu
komunikasi antar personal.
3.
Keterbatasan
pemanfaatan dan penguasaan teknologi. Hal ini disebabkankarena lemahnya sumber
daya manusiadalam menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.
Masalah strategi
pemasaran produk merupakan salah satu kendala besar bagi industri olahraga yang
kecil untuk masuk pasar bebas. Seringkali pemasaran produk industri olahraga
kecil harus melalui mata rantai.
5.
Lemah dalam
jaringan usaha dan kerja sama usaha.
6.
Kelemahan dalam
mentalitas usaha dan kewirausahaan. Umumnya industry olahraga yang masih kecil
sedikit sekali yang memiliki kreatifitas dan inovasi, kemandirian dan semangat
untuk maju. Kondisi industri olahraga yang masih kecil sebagaimana disebutkan di
atas tentu saja sangat bertentangan dengan tuntutan arus pasar bebas. Pasar
bebas menuntut bisnis olahraga sekalipun kecil haruslah tangguh, mandiri,
dinamis, efisien, dan mampu membeikan produk yang berkualitas dan pelayanan
yang memuaskan. Untuk memperbaiki profil industri olahraga Indonesia dengan
berbagai masalah dan kelemahannya
tersebut maka sangat dibutuhkan proses
pemberdayaanusaha industri olahraga. Pemberdayaan tersebut haruslah menyentuh
langsung pada keenam kelemahan diatas.
Industri olahraga memiliki ciri-ciri sebagai
berikut :
1.
Perhatian
terus-menerus pada bisnis.
2.
Merupakan bagian
atau cabang bisnis.
3.
Sesuatu yang
mempekerjakan banyak tenaga kerja dan modal, yang merupakan kegiatan yang nyata
dari perdagangan
Segmen industri olahraga sesuai dengan tipe
produknyaterdapat tiga segment yaitu:
1.
Sport performance
/ penampilan olahraga, Segmen ini
bermacam - macam produk. seperti
olahraga sekolah, perkumpulan kebugaran, camp olahraga, olahraga professional,
dan taman olahraga kota.
2. Sport Production / produksi olahraga, Segmen produksi olahraga ini dapat diberikan contoh
seperti bola basket, bola tennis, sepatu olahraga, kolam renang, serta
perlengkapan olahraga lainnya,
3. Sport Promotion / Promosi Olahraga. Segmen ini
dapat berupa barang dagangan seperti kaos, atau baju yang berlogo, media cetak
dan elektronika, sport marketing
Re-orientasi program strategi
industri olahraga:
a. Pengembangan budaya
olahraga.
b. Persaingan olahraga
regional dan internasional.
c. Manajemen olahraga nasional.
d. Sarana prasarana
olahraga serta penerapan riset dan iptek.
e. Sinkronisasi program
antara; pemerintah, masyarakat, dan swasta.
f. Peran perbankan dalam
pengembangan industri olahraga.
Fokus pengembangan industri
mikro keolahragaan antara lain :
a. Produk pakaian dan
alat-alat olahraga.
b. Event-event kejuaraan
olahraga.
c. Pemasaran industri
olahraga.
d. Meningkatkan
kapasitas kemampuan pelaku industri
olahraga.
7. Dari penelitian yang
telah dilaksanakan; industri olahraga
secara factual sekedar memberikan lapangan
pekerjaan sampingan bagi sebagian masyarakat, namun belum berdampak secara signifikans bagi pengentasan kemiskinan dan penanggulangan masalah pengangguran.
B. Bisnis
olahraga dan peluangnya
Membuka
Toko Perlengkapan Olahraga
Tidak
peduli di bagian dunia mana atau kota apa Anda tinggal, di dalamnya pasti ada
beberapa orang yang suka dan terlibat secara aktif dalam satu acara
olahraga. Membuka toko perlengkapan
olahraga adalah salah satu peluang bisnis yang saat ini masih terbuka lebar
untuk Anda dalami, selain peminat yang semakin banyak, ternyata pesaing dalam
bisnis yang satu ini terbilang masih kecil walaupun potensi berkembang dan
prospeknya cukup baik. Ketika
membuka toko perlengkapan olahraga, ada beberapa hal yang harus Anda pahami.
Pertama, Anda harus mengetahui olahraga favorit target disekitar. Kedua,
perhatikan trend yang sedang terjadi, misalnya saat piala dunia, maka
perlengkapan sepak bola akan banyak dicari. Ketiga, perluas wawasan dan
pengetahuan tentang dunia olahraga yang sedang berkembang.
Melihat
besarnya peluang bisnis di dunia olahraga dan banyaknya yang bisa dikaitkan dengan industri tersebut,
maka cobalah pilih salah satu olahraga yang Anda minati dan ketahui, lalu
mulailah untuk dapatkan keuntungan dari hobi Anda tersebut. Karena salah
satu pekerjaan yang paling menyenangkan adalah saat hobi Anda bisa menghasilkan
uang.
Untuk
mengembangkan bisnis di dunia olahraga ini, Anda juga harus mulai memikirkan
untuk membuat laporan keuangan. Dengan laporan keuangan, Anda lebih mudah untuk
membuat rencana dalam mengembangkan bisnis. Jurnal, software akuntansi online
yang memberikan kemudahan dalam membuat laporan keuangan perusahaan secara
instan. Dengan Jurnal, Anda juga dapat memonitor laporan keuangan di mana saja
dan kapan saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar