Kamis, 12 April 2018

Industri Olahraga


A.     INDUSTRY OLAHRAGA
            industri olahraga adalah “setiap produk, barang, servis, tempat, orang-orang dengan pemikiran yang ditawarkan pada public berkaitan dengan olahraga. Dikutip dari pernyataan  Nuryadi (2010: 10); Sport Industry adalah sebuah industri yang menciptakan nilai tambah dengan memproduksi dan menyediakan olahraga yang berkaitan dengan peralatan dan layanan. Sport marketing adalah penerapan spesifik prinsip dan proses pemasaran kepada produk olahraga dan untuk memasarkan produk nirlaba olahraga melalui asosiasi dengan olahraga.
Jika kita mengamati profil usaha industri olahraga di Indonesia, mereka dalam operasionalnya menghadapi masalah pokok:
1.      Masalah permodalan. Untuk masalah  modal para pengusaha dalam menjalankan usahanya belum mengenal dan memanfaatkan lembaga perbankan. Selain itu para pengusaha industri olahraga (kecil) sulit untuk memperoleh kredit dari bank swasta.
2.      Lemah dalam memperoleh peluang pasar dan memperbesar pangsa pasar. Umumnya usaha industri olahraga  memperoleh pasar dengan cara-cara pasif. Mereka mengandalkan kekuatan promosipersonel selling yaitu komunikasi antar personal.
3.      Keterbatasan pemanfaatan dan penguasaan teknologi. Hal ini disebabkankarena lemahnya sumber daya manusiadalam menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.      Masalah strategi pemasaran produk merupakan salah satu kendala besar bagi industri olahraga yang kecil untuk masuk pasar bebas. Seringkali pemasaran produk industri olahraga kecil harus melalui mata rantai.
5.      Lemah dalam jaringan usaha dan kerja sama usaha.
6.      Kelemahan dalam mentalitas usaha dan kewirausahaan. Umumnya industry olahraga yang masih kecil sedikit sekali yang memiliki kreatifitas dan inovasi, kemandirian dan semangat untuk maju. Kondisi industri olahraga yang masih kecil sebagaimana disebutkan di atas tentu saja sangat bertentangan dengan tuntutan arus pasar bebas. Pasar bebas menuntut bisnis olahraga sekalipun kecil haruslah tangguh, mandiri, dinamis, efisien, dan mampu membeikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang memuaskan. Untuk memperbaiki profil industri olahraga Indonesia dengan berbagai  masalah dan kelemahannya tersebut maka  sangat dibutuhkan proses pemberdayaanusaha industri olahraga. Pemberdayaan tersebut haruslah menyentuh langsung pada keenam kelemahan diatas.
Industri olahraga memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.      Perhatian terus-menerus pada bisnis.
2.      Merupakan bagian atau cabang bisnis.
3.      Sesuatu yang mempekerjakan banyak tenaga kerja dan modal, yang merupakan kegiatan yang nyata dari perdagangan

Segmen industri olahraga sesuai dengan tipe produknyaterdapat tiga segment yaitu:
1.      Sport performance / penampilan olahraga,  Segmen ini bermacam - macam  produk. seperti olahraga sekolah, perkumpulan kebugaran, camp olahraga, olahraga professional, dan taman olahraga kota.
2.      Sport Production / produksi olahraga, Segmen produksi olahraga ini dapat diberikan contoh seperti bola basket, bola tennis, sepatu olahraga, kolam renang, serta perlengkapan olahraga lainnya,
3.      Sport Promotion / Promosi Olahraga. Segmen ini dapat berupa barang dagangan seperti kaos, atau baju yang berlogo, media cetak dan elektronika, sport marketing
Re-orientasi program strategi industri olahraga:
a. Pengembangan budaya olahraga.
b. Persaingan olahraga regional dan internasional.
c. Manajemen olahraga nasional.
d. Sarana prasarana olahraga serta penerapan riset dan iptek.
e. Sinkronisasi program antara; pemerintah, masyarakat, dan swasta.
f. Peran perbankan dalam pengembangan industri olahraga.
Fokus pengembangan industri mikro keolahragaan antara lain :
a. Produk pakaian dan alat-alat olahraga.
b. Event-event kejuaraan olahraga.
c. Pemasaran industri olahraga.
d. Meningkatkan kapasitas kemampuan  pelaku industri olahraga.
7. Dari penelitian yang telah dilaksanakan;  industri olahraga secara factual sekedar memberikan lapangan pekerjaan sampingan bagi sebagian masyarakat, namun belum berdampak secara signifikans bagi pengentasan kemiskinan dan penanggulangan masalah pengangguran.

B.      Bisnis olahraga dan peluangnya
Membuka Toko Perlengkapan Olahraga
            Tidak peduli di bagian dunia mana atau kota apa Anda tinggal, di dalamnya pasti ada beberapa orang yang suka dan terlibat secara aktif  dalam satu acara olahraga. Membuka  toko perlengkapan olahraga adalah salah satu peluang bisnis yang saat ini masih terbuka lebar untuk Anda dalami, selain peminat yang semakin banyak, ternyata pesaing dalam bisnis yang satu ini terbilang masih kecil walaupun potensi berkembang dan prospeknya cukup baik.      Ketika membuka toko perlengkapan olahraga, ada beberapa hal yang harus Anda pahami. Pertama, Anda harus mengetahui olahraga favorit target disekitar. Kedua, perhatikan trend yang sedang terjadi, misalnya saat piala dunia, maka perlengkapan sepak bola akan banyak dicari. Ketiga, perluas wawasan dan pengetahuan tentang dunia olahraga yang sedang berkembang.
            Melihat besarnya peluang bisnis di dunia olahraga dan banyaknya  yang bisa dikaitkan dengan industri tersebut, maka cobalah pilih salah satu olahraga yang Anda minati dan ketahui, lalu mulailah untuk dapatkan keuntungan dari hobi Anda tersebut. Karena  salah satu pekerjaan yang paling menyenangkan adalah saat hobi Anda bisa menghasilkan uang.
            Untuk mengembangkan bisnis di dunia olahraga ini, Anda juga harus mulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan. Dengan laporan keuangan, Anda lebih mudah untuk membuat rencana dalam mengembangkan bisnis. Jurnal, software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam membuat laporan keuangan perusahaan secara instan. Dengan Jurnal, Anda juga dapat memonitor laporan keuangan di mana saja dan kapan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makalah media pembelajaran

  BAB I PENDAHULUAN   A.     Latar Belakang             Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan yang s...